Selasa, 06 Februari 2018

Obat Gatal Kadas Kudis Kurap Panu


Banyak sekali penyebab timbulnya rasa gatal diselangkangan atau lipatan bagian dalam paha. Salah satu faktornya adalah lingkungan namun yang utama yang menjadi penyebab gatal pada selangkangan yaitu dari dalam diri kita sendiri. Rasa gatal pada selangkangan dapat menyerang 
 karena kondisi fisik atau bagian tubuh yang kurang terjaga kebersihannya

Adanya pertumbuhan jamur pada kulit. Terlebih lagi apabila selangkangan jarang sekali terkena oleh sinar matahari secara langsung sehingga pada bagian selangkangan dan sekitarnya menjadi lembab yang dapat menimbulkan jamur sangat mudah tumbuh pada kulit bagian tersebut, apabila jamur mudah untuk berkembang biak dengan cepat maka penyakit gatal sangatlah mudah untuk tumbuh.
Selain karena jamur, bisa juga disebabkan karena alergi makanan yang dikonsumsi, pada umumnya seperti telur, udang, ikan laut seperti ikan tongkol ikan teri dan sebagainya. Bagi orang yang alergi makanan tersebut untuk menghindarinya apabila terkena penyakit gatal. Karena akan meningkatkan resiko penyakit gatal menjadi lebih parah.

Jangan lupa juga :

Metode Untuk Menghilangkan Gatal Eksim Membandel

Cara penularan penyakit kadas kudis kurap dan panu :

Kadas tidak hanya menyerang bagian badan saja (tinea corporis), melainkan dapat menyerang bagian tubuh lainnya, seperti :
  • Kulit kepala (TineaCapitis) Jenis kadas ini dapat mempengaruhi siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Kulit kepala yang terkena kurap biasanya tidak ditumbuhi bulu dan berbentuk bulat, seperti ada tambalan pada kepala.
  • Kaki (Tinea Pedis) Bila Anda mengalami infeksi jamur pada kaki, mungkin hal ini akan menyebabkan peradangan pada jaringan di kaki, terutama di daerah antara jari kaki keempat dan kelima. Kulit Anda akan memerah, gatal, dan terasa terbakar.
  • Selangkangan (TineaCruris) Jenis kadas ini lebih banyak dialami oleh kaum pria. Hal ini disebabkan karena Anda banyak mengeluarkan keringat dan kulit selangkangan Anda sering mengalami gesekan saat menggunakan pakaian ketat. Akibatnya, kulit selangkangan menjadi berwarna cokelat kemerahan dan dapat meluas ke lipatan pangkal paha ke bawah atau bahkan ke kedua paha.
  • Janggut (Tinea Barbae) Jenis kadas ini akan Anda alami pada bagian janggut yang biasanya ditumbuhi oleh rambut yang disebut jenggot. Apabila Anda mengalami kurap janggut, rambut-rambut yang tumbuh akan rontok dan kulit mengalami pembengkakan dan pengerasan
  • .Wajah (Tinea Faciei) Bentuk kadas yang timbul pada wajah biasanya tidak berbentuk cincin, melainkan hanya membentuk luka merah, bersisik, dan garis luar dari luka tidak beraturan.
  • Tangan (Tinea Manus) Ini merupakan pendamping umum dari kadas kaki (tinea pedis). Bila Anda mengalami kadas pada tangan dan kaki, hal ini disebut dengan istilah tinea manuum. Biasanya, jamur akan menginfeksi bagian telapak tangan dan ruang-ruang antara jari-jari Anda. Akibatnya, kulit Anda mengalami penebalan (hiperkeratosis).
  • Kuku (Tinea Unguium) Jika Anda sering menggunakan kuku palsu, berhati-hatilah. Sebab, kuku palsu dapat menjadi perantara jamur untuk menimbulkan kurap pada kuku. Apabila Anda mengenakan kuku palsu, air dapat terkumpul di bawah kuku palsu tersebut sehingga menciptakan area yang lembab dan memungkinkan jamur untuk tumbuh. Hal ini akan menyebabkan kuku Anda mengalami penebalan, buram, menguning, dan rapuh.
Apabila anda sudah terkena penyakit tersebut hal yang harus dilakukan untuk mengurangi dampak dari penyakit tersebut yaitu :
  • Lebih rajinlah untuk membersihkan bagian selangkangan setiap hari dan keringkan sebelum memakai pakaian dalam.
  • Jangan menggunakan handuk atau pakaian secara bergantian dengan orang lain.Ganti pakaian dalam secara teratur.
  • Jangan sering menggunakan pakaian yang teralu ketat.Rajin mandi menggunakan sabun Antiseptic.
  • Periksa apakah ada infeksi jamur atau kutu air dari kaki. 
  • Gunakan air dengan suhu hangat-hangat kuku.
Berikut ini adalah obat tradisional untuk mengobati penyakit kadas kudis kurap dan juga panu.

 1. Lengkuas

Lengkuas merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak hidup didaerah tropis Indonesia. Tanaman ini merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang banyak ditemukan saat sedang mengolah makanan. Dan selain itu juga bubu masak seperti lengkuas mempunyai manfaat dan khasiat yang baik bagi kesehatan. Tanaman ini bisa dimanfaatkan dalam membantu mengobati penyakit kulit seperti penyakit kurap pada kulit.

Cara meramu ramuan ini adalah ambilah 1 lengkuas, dan setelah itu potonglah ujungnya, kemudian tumbuklah ujungnya jangan sampai hancur, seperti menyerupai kuas, setelah itu celupkanlah pada air cuka. Oleskanlah didaerah yang terkena penyakit kurap pada kulit. Cara ini dapat dilakukan 2 kali dalam sehari dan teratur. Lakukanlah hingga kurap benar-benar sembuh.

2. Bawang putih

Penyakit kurap pada kulit bisa diobati dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih adalah salah satu jenis bumbu dapur yang biasanya digunakan sebagai bahan untuk memasak. Dan biasanya jika ada bawang putih, maka ada bawang merah untuk bumbu masakan. Tanaman ini mengandung senyawa sulfur didalamnya sehingga bawang putih yang masih mentah, biasanya mempunyai rasa yang agak getir. Dan bawang putih juga biasanya bisa digunakan untuk pengobatan, yakni salah satunya adalah membantu mengatasi penyakit kurap.

Cara meramu ramuan ini adalah : ambillah beberapa siung bawang putih setelah itu ditumbuk sampai halus. Kemudian oleskanlah di daerah yang terkena penyakit kurap pada kulit sampai merata. Setelah itu, diamkanlah kurang lebih selama 30 menit dan dibilas dengan menggunakan air bersih. Lakukanlah cara ini teratur 2 kali sehari sampai penyakit kurap bisa menghilang.

3. Belerang

Belerang banyak ditemukan pada daerah dataran tinggi vulkanik atau penggunungan yang bersumber dari mata air alami yang ada disana. Dan belerang juga banyak ditemukan pada toko-toko karena memang dijual. Belerang bisa dimanfaatkan sebagai alternatif yang bisa membantu mengobati penyakit kurap pada kulit. Dan selain itu juga belerang biasanya berguna untuk membantu mengatasi gatal-gatal.

Demikian ulasan tentang penanganan gatal kadas, kudis, kurap dan panu. Semoga bermanfaat bagi anda dan saya doakan untuk cepat sembuh.Karena pada dasarnya tidak ada penyakit yang tidak dapat diobati. Asalkan mau berusaha,Insya Alloh penyakit gatal yang anda derita bisa cepat sembuh.saya ucapkan terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar