Rabu, 07 Februari 2018

Cara Menghindari Penyakit Gatal

Banyak dari para penderita penyakit gatal eksim yang merasa mengeluh dengan gejala yang di timbulkan oleh penyakit eksim. Penyakit gatal kulit eksim dapat menyerang siapa saja mulai dari anak anak, wanita / perempuan, laki - laki/ pria. Penyakit gatal eksim juga dapat muncul pada bagian kulit mana saja seperti selangkangan, kemaluan, kelamin, lipatan pantat, bokong, ketiak, dan lain sebagaianya.

Jangan sampai ketinggalan :

Obat Gatal Selangkangan Dijamin Ampuh

Inilah penyebab dari penyakit gatal diantaranya :

•    Kulit kering, faktor lingkungan biasanya menjadi penyebab kulit kering, seperti cuaca yang panas atau dingin dengan kelembaban rendah, penggunaan AC secara terus menerus, mencuci atau mandi terlalu lama.
•    Penyakit dalam atau internal, bisa saja gatal ditimbulkan oleh penyakit dalam, seperti gagal ginjal, penyakit celiac, anemia defisiensi besi, masalah tiroid dan kanker, termasuk leukemia dan limfoma.
•    Ruam, banyak sekali penyakit kulit yang menimbulkan ruam,gatal gatal pada bagian pantat termasuk eksim, psoriasis, kutu dan cacar air. Gatal biasanya mempengaruhi bidang-bidang tertentu dan disertai dengan tanda-tanda lain, seperti merah, kulit yang teriritasi atau benjolan dan lecet.
•    Gangguan saraf, kondisi yang bisa mempengaruhi sistem saraf, saraf kejepit, diabetes melitus dan herpes zoster dapat menyebabkan gatal.
•    Alergi, banyak sekali yang menyebabkan gatal seperti wol, bahan kimia, sabun dan benda-benda lainnya yang dapat membuat iritasi pada kulit. Kadang kosmetik juga menyebabkan reaksi alergi. Alerfi makanan juga bisa membuat gatal.
•    Obat, efek samping obat tertentu dapat membuat gatal-gatal dan ruam seperti antibiotik, obat antijamur atau obat sakit narkotika.
•    Kehamilan. Seorang wanita bisa dalam keadaan hamil bisa mengalami gatal, namun itu hanya beberapa wanita. Bagian-bagian tubuh yang terasa gatal adalah bagian perut, paha, payudara dan lengan.

Jenis penyakit eksim yang biasa terjadi yaitu :

1. Dermatitis Atopic

Penyakit eksim jenis ini merupakan jenis eksim turunan, biasanya terjadi sejak bayi dan menjangkiti anak-anak. Gejala yang diterima yaitu gatal dan timbul peradangan pada kulit. Biasanya penderita juga mengalami demam.

2. Eksim Nummular

Jenis eksim ini biasa menjangkiti tangan, lengan dan seputar telapak tangan, biasanya terjadi pada kulit yang kering.

3. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak adalah jenis alergi yang merupakan reaksi tubuh akan efek kekebalan yang tertunda akibat kulit menerima kontak dengan jenis senyawa alegenik. Peradangan biasanya terjadi dalam 48 jam setelah terjadi kontak. Biasa terjadi dalam kasus penggunaan kosmetik, parfum, pewarna rambut, sabun atau detergen.

4. Eksim Statis

Eksim kronis yang terjadi pada kaki bagian bawah yang berhubungan dengan varises.Penykit ini apabila tidak segera diobati bisa sangat berbahaya,maka untuk segera mengobatinya apabila anda mengalaminya walaupun masih dalam skala kecil.

Beberapa penyebab munculnya gatal-gatal yang sering anda alami diantaranya :

1. Faktor Makanan

Penyabab utama pertama yang bisa memicu gatal di badan adalah karena faktor makanan. Makanan yang kita konsumsi setiap hari terdapat jenis makanan yang menyebabkan rasa gatal. Contohnya adalah susu, telur, makanan jenis kacang-kacangan, dan lain-lain. Pelajarilah jenis makanan lain yang bisa menimbulkan rasa gatal di tubuh kita. Kemudian kurangi untuk mengkonsumsi makanan yang dapat menimbulkan alergi gatal di badan.

2. Kurangnya Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan adalah termasuk faktor utama demi untuk menjaga kulit kita tidak gatal. Yang harus di jaga kebersihannya adalah mulai dari kebersihan lingkungan sampai kebersihan badan kita. Lingkungan yang bersih maka akan berdampak terbebasnya berbagai macam penyakit seperti penyakit gatal. Kemudian rawat juga kebersihan badan dengan rajin mandi terutama ketika selesai bekerja keras yang menimbulkan banyak keringat. Karena dari biang keringat ini dapat memancing rasa gatal di badan. Banyak penyakit kulit bermula dari malasnya mandi. Contoh penyakit panu, kurap, kudis, dan lain-lain.

3. Terkena Gigitan Serangga

Hal ini disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan lingkungan dan juga malas melakukan mandi. Serangga seperti nyamuk sangat senang berkembang biak pada tempat-tempat yang kotor. Sangat berbahaya jika kita terkena gigitan serangga. Seperti penyakit demam berdarah terjadi karena kulit kita digigit nyamuk. Maka dari itu mulai sekarang agar selalu memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan sebagainya.

4. Disebabkan Penyakit

Gatal bisa terjadi karena kita mempunyai penyakit yang dapat memicu datangnya gatal di badan. Contohnya seperti penyakit cacar air. Dari benjolan-bejolan penyakit cacar air ketika sudah mengering umumnya akan menyebabkan rasa gatal di seluruh tubuh.

PERHATIAN :  Apabila gatal sedang kambuh, jangan sampai digaruk. Karena menggaruk hanya akan memperburuk keadaan, karena kulit akan terinfeksi oleh bakteri-bakteri yang ada di dalam kuku. Jangan menunggu penyakit semakin parah karena semakin parah aan semakin sulit untuk mengobati dan akan membutuhkan waktu yang lebih lama

Demikianlah ulasan pada sesi kali ini, semoga bermanfaat bagi anda.Saya ucapkan terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar