Selasa, 30 Januari 2018

Cara Mengatasi Gatal Secara Alami



Obat gatal gatal seluruh badan baik alami maupun medis, banyak dicari oleh masyarakat luas dikarenakan banyak orang yang pernah mengalami penyakit gatal tersebut. Memang banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami gatal, ada yang langsung menghilang dengan sendirinya, menghilang dengan cara diobati dan dalam waktu yang singkat namun ada juga yang sudah lama gatal tersebut tidak hilang bahkan semakin parah.

Meski sering dianggap remeh gatal yang dirasakan di seluruh badan bisa menjadi indikasi yang serius apalagi jika gatal tersebut disertai dengan gejala yang lain. Memang kebanyakan rasa gatal yang ada di tubuh disebabkan oleh gigitan serangga, radang, biang keringat, iritasi dan juga alergi, namun ada juga gatal yang disebabkan oleh penyakit yang lebih serius lagi misalnya saja adalah penyakit ginjal  dan juga kanker. Gatal juga dipicu oleh kehamilan karena perubahan hormon. Oleh sebab itu sebelum anda mengobati gatal sebaiknya anda mengetahui apa yang menyebabkan diri anda terkena gatal.
Obat Medis

Langkah pertama yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan gatal anda adalah melalui cara medis. Medis biasanya akan mendiagnosa gatal yang ada di kulit anda itu disebabkan oleh apa, karena alergi, gigitan serangga atau karena penyakit yang ada di dalam tubuh anda. Berikut ini adalah obat gatal yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan gatal yang ada di dalam tubuh anda :


  1. Salep

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi gatal yang disebabkan oleh jamur adalah menggunakan salep. Memang salep merupakan obat pertama yang akan diambil ketika seseorang mengalami gatal-gatal. Misalnya saja adalah salep banyak digunakan sebagai cara menghilangkan kurap yang efektif dan juga sebagai cara menghilangkan panu di wajah paling cepat. Salep memang menjadi alternatif pilihan pertama ketika seseorang bermasalah dengan kulitnya baik kulit tubuh maupun kulit wajah. Jika anda gatal-gatal yang diakibatkan oleh jamur anda bisa memilih salep jamur yang didalamnya mengandung fungasol, mizonazole dan juga ketoconazole. Anda cukup mengoleskan salep tersebut di bagian kulit anda yang gatal dan ditumbuhi dengan jamur.


   2.Obat Anti Gatal

Anda bisa menghilangkan gatal yang ada di kulit anda menggunakan obat anti gatal. Mungkin banyak diantara anda yang memilih obat oral dibandingkan dengan obat oles hal itu dikarenakan anda tidak suka dengan rasa lengket yang ada di kulit anda akibat obat oles. Tenang saja, anda bisa menemukan obat pereda gatal di apotek maupun toko obat yang ada di dekat rumah anda. Obat pereda gatal yang bisa anda konsumsi adalah cetirizine HCL, 10 miligram. Pengkonsumsian obat ini ada baiknya diminum selama seminggu sekali sampai rasa gatal tidak muncul kembali. Alangkah baiknya jika anda mengkombinasikan obat oles dan juga obat oral secara bersamaan.


   
3.Sabun Antiseptik

Cara medis yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan gatal yang menimpa anda adalah dengan menggunakan sabun antiseptik. Memang sabun yang bersifat antiseptik bisa digunakan untuk menghilangkan gatal dengan membunuh kuman penyebab rasa gatal. Jika kuman penyebab gatal itu mati dan menghilang tentu saja rasa gatal yang anda alami menjadi berkurang dan mereda. Saat ini ada sabun antiseptik batangan dan juga cair yang ada di pasaran. Untuk menghilangkan gatal yang ada di kulit dan menimbulkan ruam ada baiknya anda memilih menggunakan sabun yang batangan, sedangkan sabun antiseptik yang bersifat cair sebaiknya digunakan untuk cuci tangan. Cara mencuci tangan yang benar dan steril salah satunya adalah menggunakan sabun antiseptik. Mencuci tangan menggunakan air biasa saja tidak cukup sebab air biasa tidak bisa membunuh kuman yang menempel di telapak tangan anda.



    4.Krim Kortikosteroid


Obat gatal ini sama dengan salep gatal yang bisa digunakan untuk meredakan gatal, cara pakainya pun sama dengan salep gatal yaitu dengan mengoleskannya di area kulit yang mengalami gatal dan juga memiliki ruam merah. Krim ini berfungsi sebagai pereda peradangan dan juga bersifat anti alergi sehingga gatal yang disebabkan oleh peradangan dan juga alergi bisa menyebabkan gatal. Krim ini hanya bisa digunakan untuk gatal di area kulit tertentu saja dan jika untuk gatal yang ada di seluruh tubuh bisa menggunakan obat oral. Untuk mengobati gatal di kulit menggunakan krim ini bisa dengan cara mengoleskan di bagian kulit sebanyak 3 sampai dengan 4 kali dalam sehari. Sayangnya bagi anda yang ingin mengobati gatal menggunakan obat ini sebaiknya meminta petunjuk dari dokter sebab gatal pada kasus-kasus tertentu gatal pada kulit tidak bisa diobati menggunakan krim ini misalnya saja penyakit kulit seperti panu. Alasannya adalah jika panu diobati menggunakan krim ini panu justru semakin parah dengan cara menyebar ke seluruh permukaan kulit.


   
5.Obat Oral Kortikosteroid

Bagi anda yang menginginkan obat oral untuk mengatasi rasa gatal di seluruh tubuh anda, anda bisa mengkonsumsi obat oral kortikosteroid. Memang obat ini bisa menyembuhkan kulit gatal yang disebabkan oleh paradagan dan alergi. Perbedaannya adalah rasa gatal pada bagian kulit tertentu saja bisa diobati menggunakan salep, namun jika rasa gatal yang dialami hampir menyeluruh ke seluruh permukaan kulit anda bisa menggunakan obat oral ini sebab obat oral akan terkonsentrasi di dalam darah manusia sehingga membunuh dan menghilangkan kuman atau bakteri penyebab peradangan dan gatal di kulit. Bisa anda bayangkan jika anda mengobati dengan salep. Berapa banyak salep yang anda gunakan untuk menghilangkan gatal yang ada di seluruh permukaan kulit anda. Namun penggunaan obat ini tidak bisa digunakan dalam jangka panjang, jika anda ingin menggunakannya dalam jangka panjang ada baiknya anda berkonsultasi kepada dokter sebab akan sangat berbahaya jika tidak diawasi oleh dokter kulit.


   6.Antihistamin

Obat oral lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengurangi rasa gatal di tubuh anda adalah obat antihistamin. Antihistamin adalah obat oral sehingga penggunaannya adalah dengan mengkonsumsinya. Fungsi obat ini adalah sebagai penghambat zat kimia yang ada di dalam tubuh yang bisa menyebabkan kulit terasa gatal. Obat yang bisa anda konsumsi untuk meredakan gatal adalah CTM, obat ini merupakan obat antihistamin yang bermanfaat untuk menghilangkan rasa gatal namun memiliki efek samping rasa kantuk. Setelah mengkonsumsi obat ini anda tidak boleh memegang kendaraan atau menyetir kendaraan bermotor sebab efeknya akan sangat berbahaya sekali yaitu bisa membuat anda mengalami kecelakaan akibat rasa kantuk yang anda derita.

Menghilangkan gatal bisa menggunakan obat CTM dengan frekuensi sebanyak 3 sampai dengan 4 kali dalam sehari dan dosisnya 4 miligram. Obat yang lebih ampuh dari CTM dan bersifat antihistamin adalah loratadine dan cetirizine. Kedua obat itu memang tidak akan menimbulkan efek rasa kantuk atau mengantuk. Untuk menghilangkan gatal secara ampuh anda bisa mengkombinasikan obat antihistamin oral dan juga obat kortikosteroid dimana kedua kombinasi obat itu lebih ampuh untuk meredakan gatal. Anda pun tidak akan merasakan gatal untuk beberapa waktu setelah mengkonsumsi obat tersebut.


    7.Terapi Cahaya

Medis juga akan melakukakan terapi cahaya atau fototerapi untuk menghilangkan gatal yang ada di tubuh anda. Rasa gatal itu bisa diredakan dengan rasa panas yang dihasilkan oleh alat terapi tersebut. Anda tidak akan merasakan gatal setelah beberapa saat melakukan terapi tersebut.

Itulah berbagai macam cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi gatal yang anda alami. Anda bisa memilih cara medis atau cara alami untuk bisa menghilangkan rasa gatal yang anda alami. Setiap cara yang anda pilih memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing. Jika rasa gatal anda tidak berkurang sedikitpun namun malah bertambah parah anda harus segera berkonsultasi ke dokter. Bisa jadi rasa gatal yang anda alami bisa dikarenakan karena penyakit yang lebih serius. Penyakit yang serius itu tidak bisa dihilangkan menggunakan obat gatal gatal biasa namun harus disertai dengan berbagai obat yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar